Resep Dan Cara Membuat Lodeh tahu rebung Istimewa

Lodeh tahu rebung
Resep ini lumayan populer di indonesia dan sering disajikan di rumah maupun di restoran.Lodeh tahu rebung sangat cocok untuk hidangan istimewa dirumah,selain karena lezat dan nikmat cara pembuatan Lodeh tahu rebung ini juga tergolong cukup mudah.Nah dari pada penasaran mari kita langsung saja praktek untuk membuatnya dari resep ini.
Kang sayur bawa rebung, udah mentok di masak lodeh aja. Ada sisa wortel sebuah sama kubis seiprit sisa bikin sop kemarin lusa.
Sayurnya bisa banget pakek labu siam, wortel, kubis, kacang panjang, fi tambahin tempe juga boleh. Potongan daging ayam uuuh mantuls.


Sebelum mulai membuat Lodeh tahu rebung siapkan bahan-bahan nya terlebih dahulu ya,jika ada bahan yang belum tau silahkan googling.Berikut list bahan-bahan yang perlu di persiapakan:

Bahan-bahan Lodeh tahu rebung

Bahan-bahan

1 jam 30 menit

2 mangkuk

  1. Bahan sayuran
  2. 1 buahwortel iris sesuai selera
  3. 1/4 buahkol/kubis
  4. 1 ikatkacang panjang (gak pakek)
  5. 1 buahlabu siam (gak pakek)
  6. 4 bungkusrebung (sesuai selera)
  7. 1/4 kgdaging ayam (rebus) (saya skip)
  8. Tahu/tempe (potong dadu,goreng)
  9. 2 gelaskaldu ayam
  10. 1 1/2 gelassantan
  11. 3 gelasair matang
  12. Bumbu ulek
  13. 3 siungbawang putih
  14. 8 siungbawang merah
  15. 1 1/2 ruaskunyit
  16. 2 ruaslengkuas
  17. 2 sdmketumbar kasar
  18. 1 ruasjahe
  19. 2 lembardaun jeruk
  20. 2 lembardaun salam
  21. 1 bungkusbumbu lodeh instant
  22. Bumbu pelengkap
  23. Secukupnyagula, garam, penyedap rasa
  24. Bahan pelengkap
  25. Secukupnyabawang goreng

Oke,setelah bahan-bahan sudah siap berikut Langkah-langkah cara pembuatan nya:

Cara Membuat


    Langkah 1

    Cuci rebung, dan goreng tahu

    Lodeh tahu rebung langkah memasak 1 foto

    Lodeh tahu rebung langkah memasak 1 foto


    Langkah 2

    Haluskan bumbu ulek, dan parut kelapa, peras ambil santannya

    Lodeh tahu rebung langkah memasak 2 foto

    Lodeh tahu rebung langkah memasak 2 foto


    Langkah 3

    Kupas sayuran, potong potong sesuai selera

    Lodeh tahu rebung langkah memasak 3 foto


    Langkah 4

    Kemudian, tumis bumbu sampai matang, masukkan daun jeruk dan daun salamnya yaa, kadang kalo ada serai aku pakek serai juga

    Lodeh tahu rebung langkah memasak 4 foto

    Lodeh tahu rebung langkah memasak 4 foto


    Langkah 5

    Setelah bumbu matang, saya masukkan bumbu instannya

    Lodeh tahu rebung langkah memasak 5 foto

    Lodeh tahu rebung langkah memasak 5 foto


    Langkah 6

    Aduk sebentar, masukkan sayur yang pahrng lama matang seperti kacang panjang, dan wortel. Disini saya masukkan wortel karena gak pakek kacang panjang. Mama lagi asam urat hehehe. Masukkan juga rebungnya

    Lodeh tahu rebung langkah memasak 6 foto

    Lodeh tahu rebung langkah memasak 6 foto


    Langkah 7

    Aduk sampai bumbu tercampur, masukkan tahu, kemudian beri 3gelas air bersih, dan 2 gelas kaldu ayam, kaldu ayam boleh di skip ya

    Lodeh tahu rebung langkah memasak 7 foto

    Lodeh tahu rebung langkah memasak 7 foto


    Langkah 8

    Beri gula, garam, kaldu ayam dan penyedap rasa, masak hingga mendidih dan sayur matang. Masukkan kubis

    Lodeh tahu rebung langkah memasak 8 foto

    Lodeh tahu rebung langkah memasak 8 foto


    Langkah 9

    Biarkan kubis matang, masukkan santan kental. Aduk aduk jangan sampe pecah ya, koreksi rasa jangan lupa. Santannya jangan sampek mendidih gelobok gelobok ya, nanti santannya pecah, agak agak gelembung mendidih nah tunggu beberapa saat baru matikkan kompor

    Lodeh tahu rebung langkah memasak 9 foto


    Langkah 10

    Setelah mendidih matikkan kompor, masukkan bawang goreng

    Lodeh tahu rebung langkah memasak 10 foto

    Lodeh tahu rebung langkah memasak 10 foto

Demikian cara membuat Lodeh tahu rebung ,ayo buruan coba sekarang dan Jangan lupa di share ya :)..Terimakasih